Demo Site

Collision Domain Dan Broadcast Domain di sebuah Jaringan Komputer

Broadcast Domain adalah sebuah device yang dapat mengetahui sinyal yang berasal dari perangkat network tertentu yang berada dalam satu segmen. Dapat berada dalam segmen LAN yang sama atau dapat di jembatani untuk segmen LAN lain.
Broadcast Domain mengirim data dari satu host ke seluruh host dalam satu jaringan. Ketika dalam satu jaringan terdapat 10 host, maka semua akan dikirimi paket data, bahkan ketika dalam satu jaringan terdapat 100 host, maka ke seratus host tersebut akan dikirimi semua. Data dasar yang dikirim adalah data tentang alamat ip address.
Broadcast yang berlebihan akan menurunkan performa jaringan, semakin banyak host maka akan semakin penuh trafik dalam jaringan tersebut, karena setiap host akan berteriak mengatakan alamat ip dirinya dan disaat yang sama dia mendengar dari host yang lain tentang alamat ip address mereka.

Collision Domain adalah segmen jaringan fisik dimana paket data dapat bertabrakan dengan satu sama lain ketika dikirim pada medium bersama, khususnya bila menggunakan protokol jaringan ethernet.
Collision domain tejadi pada repeater dan hub, tidak pernah terjadi pada switch sebab switch membuat aliran sendiri-sendiri setiap transmisi data.

Contoh menghitung Collision Domain dan broadcast Domain di sebuah Jaringan ..
Banyaknya setiap port yang digunakan (aktif) pada switch maka itu adalah banyaknya collision domain yang ada pada segmen tersebut. Sedangkan untuk menentukan broadcast domain adalah banyaknya port yang aktif pada router di jaringan tersebut

Switch : setiap port memiliki satu Collision Domain.
Hub : berapapun jumlah port yang dimiliki, Collisionnya hanya satu.

Terdapat Collision Domain 7.


Sedangkan untuk Broadcast Domain sebanyak 4, dan masing-masing Broadcast tersebut dipisahkan oleh Router .


Belajar terus, terus belajar :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Linux Slackware